Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)

Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper) - Hallo sahabat Resep Masakan Indonesia, Pada sharing Resep masakan kali ini yang berjudul Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper), saya telah menyediakan resep masakan lengkap dengan cara memasak dan tips memasak. mudah-mudahan isi postingan resep masakan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia resep masakan.

Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)
Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)

lihat juga


Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)

Steak atau steik (bistik) daging sapi lada hitam merupakan salah satu menu favorit yang sering terdapat di restoran-restoran. Meskipun bukan berasal dari Indonesia, akan tetapi resep masakan ini telah begitu familiar dan kerap tersaji di berbagai restoran atau tempat makan. Steak memiliki rasa yang lezat serta kaya akan protein karena bahan utamanya memang berasal dari daging sapi.

Untuk memasak steak terbilang cukup mudah dan sederhana karena memang nyaris tidak membutuhkan keahlian khusus ataupun bumbu-bumbu yang mungkin sulit untuk Anda dapatkan. Satu-satunya trik khusus hal yang mesti Anda lakukan adalah mengolah daging menjadi lebih empuk dan lembut. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan buah nanas. Dengan tekstur daging yang lembut, tentunya steak akan lebih enak karena bumbunya akan mudah meresap.

Buah nanas terbukti secara klinis memiliki kandungan zat yang bernama bromelain yang merupakan campuran enzim protease. Enzim ini dikenal sebagai zat yang mampu mencerna kandungan protein pada daging. Zat bromelain terdapat diseluruh buah nanas, akan tetapi lebih terkonsentrasi pada bagian batang (bonggol) yang ada didalam buahnya.

Cara mengempukkan daging dengan menggunakan nanas yaitu dengan mencampur daging dengan 1/4 buah nanas yang sudah dihaluskan dengan blender atau parutan kemudian didiamkan selama kurang lebih 20 hingga paling lama 30 menit. Yang perlu diperhatikan adalah jangan merendam daging terlalu lama karena daging akan menjadi terlalu empuk sehingga bisa mengakibatkan daging menjadi hancur saat dimasak.

Bagi Anda yang ingin membuat steak home made sendiri dirumah, berikut adalah bumbu serta bahan-bahan yang mesti disiapkan.

Resep steak daging sapi lada hitam:
300 gram irisan daging sapi
3 butir bawang putih yang dihaluskan
2 sendok makan tepung maizena
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 kilogram minyak goreng

Bahan tambahan:   
Kacang kapri secukupnya yang sudah di rebus
1/2 butir paprika (merah/hijau)
Kentang goreng secukupnya

Bahan saus:
2 sendok makan mentega/margarin
2 butir bawang putih yang di memarkan
1/2 siung bawang bombay yang di iris tipis
1 sendok makan saus tomat
1 sendok makan kecap manis
100 mililiter atau 1/2 gelas air putih atau kaldu
4 sendok makan saus tiram
2 sendok teh lada hitam yang di tumbuk kasar
1 sendok teh gula pasir

Cara membuat steak sapi lada hitam:
  • Siapkan wadah kemudian campur daging dengan nanas yang sudah dihaluskan lalu diaduk hingga merata. Diamkan selama 20 hingga 30 menit. Angkat dan cuci bersih.
  • Selanjutnya lumuri daging dengan bawang putih, merica halus dan garam kemudian biarkan hingga 1/4 jam.
  • Siapkan wajan dan minyak kemudian goreng daging sapi hingga matang lalu tiriskan.
  • Untuk membuat saus, siapkan wajan lalu cairkan mentega dengan api kecil.
  • Tumis irisan bawang putih, paprika, bawang bombay dan kacang kapri hingga harum.
  • Tuangkan saus tomat, saus tiram, lada hitam, kecap manis dan gula pasir. Siram dengan air kaldu lalu aduk hingga merata dan mendidih.
  • Tuangkan tepung maizena lalu aduk hingga kuah terlihat mengental dan matang. Angkat dan sisihkan.

Cara penyajian:
  • Siapkan piring lalu masukkan daging bersama dengan kentang goreng atau tambahkan nasi jika menginginkan.
  • Siram daging dengan saus lada hitam yang masih panas.
Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)
Steak daging sapi lada hitam (black pepper)
Selain resep steak sapi lada hitam, Anda juga bisa menyimak aneka resep olahan daging sapi lainnya seperti resep sop konro, resep rendang dan resep lainnya.


Demikianlah Artikel Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)

Sekian resep masakan indonesia Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper) dan artikel ini url permalinknya adalah http://kumpulanresepindo.blogspot.com/2014/09/resep-steak-daging-sapi-lada-hitam.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Resep steak daging sapi lada hitam (black pepper)"

Post a Comment

Masakan Nusantara Cemilan Resep Kue Kue tradisional Resep Sayur Resep Ikan Kue Masakan Jawa Resep Ayam Kue Kering Kue Lebaran Gorengan Lauk Pauk Aneka Kue Gurih Manis Pedas Masakan Daerah Resep Masakan Resep Daging Makanan bayi Rujak Cara Membuat Resep Daging Sapi Tips resep dodol Sambal Makanan Ringan Seafood Kreasi Chef Ikan Jajanan Resep Minuman Masakan Padang Ayam Resep Tahu Menu Buka Puasa Resep sate Resep tempe Minuman Soto Resep Sambal Kuliner Mancanegara Bahan olahan daging ayam Headline Resep Udang Tips Cara Memasak Tips Dapur Puding Asam Bahan olahan daging sapi Bakar Dingin Jakarta Menu Asia Mie Panggang Resep Nasi Bahan olahan sayuran Eropa Hangat Resep Cumi Ayam Goreng Bahan olahan laut Jawa Tengah Kue Lapis Rebus Resep Kambing Resep Pepes Bahan olahan nasi Bakso Bolu Daging Jawa Timur Kiriman Resep Kue Cubit Bahan olahan buah Bahan olahan daging kambing Bakery Jawa Barat Padang Rempeyek Resep Ayam Panggang Resep Kepiting Resep Kerang Resep Nasi Goreng Resep Sederhana Resep jamur Resep kue basah Sayur Alat Dapur Aneka Es & Puding Aneka Kerupuk Bahan olahan roti Bahan olahan tempe Bangka Bumbu Informasi Jogja Kue Apem Kue Lumpur Kukus Manado Menu Eropa Penyetan Promotions Resep Resep Bebek SOP Soto ayam Tips Memasak Bandeng Presto Bebek Goreng Lamongan Bubur Bubur bayi Cara Memasak Cina Daftar isi Disclaimer Es Hubungi Kami Ikan Bakar Jimbaran Italia Jepang Jerman Kari Melayu Kebijakan Privasi Kepiting Lada Hitam Kepiting Saus Padang Kepiting Soka Kesehatan Kue Ape Kue Pancong Kue Pukis Kue Sus Masakan Masakan Berkuah Menu Sarapan Anak NTB Palembang Pepes Pepes Ayam Pindang Daging Palembang Renyah Resep Es Dan Minuman Resep Kue Kering Resep bakso Resep makaroni Resep menu sahur Solo Sulawesi Selatan Timur Tengah